Kesalahan Penggunaan SEO Pemula Yang Sering Terjadi dan Harus Dihindari

Kesalahan SEO bagi pemula? Ya saya adalah seorang pemula, dalam google pun saya jarang berada pada nomor satu, lalu bagaimana? Ya yang pasti kita harus belajar terlebih dahulu donk, dan ini adalah kesalahan saya yang paling sering saya lakukan dan kesalahan yang pernah saya lakukan. jadi bagi anda yang ingin belajar dari kesalahan saya silahkan di baca Kesalahan Penggunaan SEO Pemula Yang Sering Terjadi dan Harus Dihindari.

1. Belajar SEO tidak dari basic

Jika kita mempelajari SEO tidak dari basic maka ketika kita menggunakan teknik SEO nggak jelas tehnik-tehnik para master dan teknik tersebut sudah lagi tidak berfungsi, maka ujung-ujungnya kita akan bingung. Maka cobalah belajar dari awal tingkat basic.saya pernah menggunakan beberapa SEO dari para masater, dan hasilnya saya kebingungan sendiri, maka dari itu ada baiknya kita belajar SEO dari awal untuk tingkat Basic.

2. Membuat konten asal-asalan

Pemilihan keyword yang tepat saja tidaklah cukup, kita juga perlu membuat konten yang benar-benar berkualitas agar disukai oleh Google.Membuat konten berkualitas juga bukan semata-mata hanya untuk Google, tapi juga untuk pembaca blog kita, karena itulah tujuan utamanya. jangan membuat konten yang asal jadi, atau sering konten yang judulnya apa isinya apa, ketidak jelasan artikel yang kita buat, akan membuat para pengunjung merasa tertipu, jadi jangan asal di page satu google aja, tapi harus di page satu di hati pengunjung.




3. Tidak menggunakan Google webmaster tools

Google menyediakan beberapa tools gratis yang sangat penting untuk keperluan SEO. Salah satu tool yang wajib untuk digunakan adalah Google webmaster tools. Dengan Google webmaster tools kita bisa melihat bagaimana performa blog kita di mesin pencari. Kita bisa melihat blog kita seperti bagaimana Google melihat blog kita. salah satu agar blog kita mudah di cari oleh orang lain maka anda harus menggunakan Google webmaster tools, anda bisa mendaftarkan blog anda, agar blog anda mudah dicari.

4. Tidak mengoptimalkan judul dan meta deskripsi

Kebanyakan SEOers pemula hanya memikirkan bagaimana caranya supaya bisa nangkring di posisi teratas mesin pencari tanpa memperhatikan bagaimana blognya tampil di mesin pencari. Percuma jika blog anda tampil di posisi teratas tapi judul dan deskripsi blog anda tidak menarik perhatian pengguna google untuk mengekliknya.

5. Percaya sama kode Meta Tag

Masih cukup banyak pemula seperti saya, yang menganggap hanya dengan menggunakan sebuah kode meta tag khusus blognya bakalan muncul di peringkat teratas mesin pencari. Memasang sembarang kode meta tag tanpa benar-benar paham apa fungsi dari kode-kode tersebut. Memang ada beberapa kode meta tag yang cukup penting peranannya untuk SEO, contohnya kode meta tag deskripsi. Tapi efek dari kode-kode tersebut sangatlah tidak besar terhadap SEO blog anda.

6. Menggunakan Bold, Italic, Underline secara berlebihan

Salah satu teknik SEO jadul yang masih cukup banyak digunakan oleh pemula. Yaitu menggunakan Bold, Italic, dan Underline secara berlebihan. Penggunaan metode seperti sama sekali tidak efektif karena tidak akan membantu meningkatkan ranking blog anda, malah justru akan mengganggu kenyamanan pembaca blog anda. Cukup gunakan bold, italic, atau underline jika memang benar-benar dibutuhkan.

7. Tidak memperhatikan kecepatan loading blog

ini sering terjadi untuk pemula seperti saya, terkadang kita hanya memikirkan yang penting blog dengan tampilan super bagus dengan berbagai maca aplikasi atau widget yang tidak berguna dam membuat blog kita menjadi kurang profesional dan sangat dibenci oleh pengunjung yang mempunya koneksi yang lambat, selain itu Google sangat memperhatikan betul kecepatan loading sebuah blog atau website. Itu karena google ingin memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna google dengan mengutamakan web-web dengan loading cepat pada posisi teratas hasil pencarian.

8. Tidak menggunakan desain mobile-friendly

Saat ini desain yang mobile-friendly sudah dijadikan salah satu faktor oleh Google untuk menentukan peringkat web di hasil pencarian, khususnya pada perangkat mobile. Alasannya jelas, sekarang pengguna perangkat mobile sudah sangat banyak, lebih banyak dari pengguna komputer desktop.

9. Masih hobi tukar link

Tukar link merupakan salah satu contoh metode mencari backlink tidak berkualitas. Metode ini sudah jadul dan sudah tidak efektif lagi, tapi sepertinya masih cukup banyak yang melakukannya. Tukar link bukan hanya metode mancari backlink yang tidak efektif, tapi juga berbahaya bagi blog anda karena termasuk dalam kategori Link Schemes yang dibenci Google.

10. Terlalu terobsesi dengan PageRank, Domain Authority, Page Authority, Alexa rank, dll.

Masih berhubungan dengan SKOR. Salah satu kesalahan lain yang sering dilakukan pemula adalah terlalu terobsesi dengan skor-skor seperti PageRank, DA, PA, Alexa Rank, dan lain sebagainya. Khusus untuk PageRank seperti yang kita tahu bahwa google sudah tidak melakukan update lagi. Jadi sama sekali tidak penting untuk dipikirkan.Untuk menilai apakah SEO yang kita lakukan berhasil atau tidak bukan dengan cara melihat PR, DA, PA, dan Alexa Rank, tapi lihat jumlah pengunjung blog anda, lihat berapa penghasilan AdSense blog anda, lihat berapa produk yang berhasil terjual. Karena itulah yang paling penting.

11. Hanya mengandalkan SEO untuk mendatangkan pengunjung

Jika anda baru saja membuat blog atau website, maka cukup penting untuk tidak hanya mengandalkan mesin pencari sebagai tempat mencari pengunjung. Setidaknya untuk 6 bulan sampai 1 tahun pertama jangan terlalu fokus hanya pada SEO, tapi gunakan metode lain seperti promosi melalui media sosial, blogwalking, atau social bookmarking.

12. Mengharapkan hasil instan dari SEO

SEO semakin kesini semakin sulit karena google semakin cerdas. Jadi jangan pernah mengharapkan hasil instan dari SEO karena semua butuh proses. Jangan khawatir jika mungkin beberapa bulan pertama blog anda masih sulit bersaing di mesin pencari. Yang terpenting adalah harus tetap konsisten.

13. Tidak belajar dari Master SEO

Yang terakhir yang paling penting. Belajarlah sama orang-orang yang memang sudah terbukti pengalamannya. Ketika anda googling mencari informasi seputar SEO maka jangan mudah percaya dengan tutorial-tutorial dari blogger yang kurang jelas asal-usulnya. Tutorial yang sedang anda baca ini juga jangan sampai diambil secara mentah-mentah tanpa diteliti lagi secara mendalam karena saya bukanlah seorang Master SEO, hanya seorang blogger yang ingin berbagi pengalaman saja.

mungkin hanya itu yang dapat saya berikan, hal-hal diatas saya kutip dari "Mas Sugeng" salah satu master blogger, yang saya anggap sebagi tempat belajar saya, terimaksih atas perhatiannya, terimakasih telah berkunjung.

Post a Comment

Jika ada kesalahah dalam menulis mohon untuk di maklumi dan di maafkan, karena tiada manusia yang sempurna, begitu juga admin yang sedang belajar dalam menulis, keritik dan saran yang membangun selalu di nanti....
Terima Kasih....

[blogger][disqus][facebook][spotim]

ivythemes

{facebook#https://www.facebook.com/irsanal.ihsan} {twitter#http://twitter.com/irsan_alihsan} {google-plus#https://plus.google.com/+IrsanAlIhsan} {instagram#http://instagram.com/irsan_alihsan}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget